Pengaruh Media Sosial Terhadap Mahasiswa Muslim

Pengaruh Media Sosial Terhadap Mahasiswa Muslim

Oleh : Dian Naili Ma’rifah

source image: Redaksi24.com


Abstrak

Penelitian ini berpusat pada efek media sosial pada siswa Muslim. Tujuan dari ini adalah untuk mengkaji bagaimana mahasiswa Muslim memanfaatkan media sosial dan efek dari situs media sosial tersebut pada mereka, tingkat kesadaran siswa Muslim dari media sosial, bagaimana benar memanfaatkan situs media sosial untuk dakwah Islam. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai instrumen untuk pengumpulan data.

Demikian pula, buku teks, jurnal, serta sumber-sumber internet yang digunakan untuk penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa media sosial sebagai alat telah menciptakan dimensi sosial baru dalam kehidupan mahasiswa Muslim. Sosial media telah mengembangkan dan meningkatkan tingkat mereka dari agama, pendidikan dan kesadaran sosial. Dikatakan dalam penelitian itu, media sosial telah memberikan jalan untuk mendapatkan informasi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, membuat satu untuk menjadi lebih luas yang bermanfaat khususnya bagi mahasiswa Muslim.

Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa Muslim yang disurvei menyadari efek positif dan negatif dari situs media sosial dan juga fasih dengan situs media sosial yang menyebarkan Islam. Beberapa situs media sosial dimanfaatkan oleh siswa Muslim Facebook, WhatsApp dan Muslim Sosial untuk menyebutkan beberapa. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa Muslim yang disurvei menyadari efek positif dan negatif dari situs media sosial dan juga fasih dengan situs media sosial yang menyebarkan Islam. Beberapa situs media sosial dimanfaatkan oleh siswa Muslim Facebook, WhatsApp, Ummaland, Masjidway, nahnu Muslim dan Muslim Sosial untuk menyebutkan beberapa. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa Muslim yang disurvei menyadari efek positif dan negatif dari situs media sosial dan juga fasih dengan situs media sosial yang menyebarkan Islam. Beberapa situs media sosial dimanfaatkan oleh siswa Muslim Facebook, WhatsApp, Ummaland, Masjidway, nahnu Muslim dan Muslim Sosial untuk menyebutkan beberapa.

Kata kunci: Social Media, Positif, Efek Negatif dan Mahasiswa Muslim.

 

Pendahuluan

Media sosial adalah fenomena baru dan dari awal mereka, Jaringan sosial telah menarik banyak mahasiswa serta dosen mereka. Social Media ini dapat dipusatkan di berbagi pandangan budaya dan agama (Gehad, Mahdi dan Azizah, 2012). Internet menyediakan ruang dan menengah di mana umat Islam dapat berbagi hubungan antara identitas agama mereka dan afiliasi sosial dan politik mereka. Banyak dari Media sosial seperti Facebook, menyediakan platform untuk Siswa Muslim dalam berbagi komponen diperbolehkan data dengan teman Muslim sesama mereka dan kerabat (Gehad, Mahdi dan Azizah, 2012).

Media sosial adalah media yang dapat memungkinkan siswa untuk terlibat dalam diskusi yang menjelaskan, memperluas dan memberikan otonomi lebih konten, tanpa tantangan tambah dan kedekatan pemahaman. Penggunaan terus berkembang dari media sosial, terutama perangkat media mobile, memungkinkan publik potensial untuk terlibat dengan organisasi dan bisnis hampir terus-menerus, dan pengambil keputusan dalam organisasi ini harus latihan keterampilan lunak perilaku yang menghubungkan pada tingkat yang tepat (Robert, 2013)

Munculnya situs media sosial sebagai platform lain di internet telah mendapatkan popularitas selama dekade terakhir. Situs telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Karena fakta ini, banyak orang yang mengubah outlet di mana mereka mencari berita, informasi, bisnis dan hiburan. situs media sosial ini memungkinkan mereka yang menggunakannya membuat profil pribadi, sedangkan menghubungkan dengan pengguna lain dari situs. Pengguna dapat meng-upload foto, dan memposting apa yang mereka lakukan pada waktu tertentu (Paul, 2010). Media sosial oleh alam mereka memiliki kemampuan mendidik dan menghibur penonton. Di atas semua, mereka memiliki pengaruh penjangkauan yang konvensional Media kurangnya. Potensi ini kemungkinan besar kekuatan yang paling tak terbendung dari media sosial. (Ahmad,2011)

 


Pembahasan

Di masa lalu, mencari pengetahuan tentang Islam terutama terbatas pada masjid, lembaga pendidikan, dan belajar dari imam dan syekh. kesempatan belajar tradisional ini tetap utuh. Namun, sekarang Muslim juga mampu belajar, pertanyaan, mengajar, dan jaringan melalui situs media sosial. Ada lebih jalan yang akan digunakan untuk belajar tentang Islam. Internet telah memberikan akses publik ke semua jenis informasi dan membuat literatur Islam begitu jauh lebih mudah diakses. Di YouTube, misalnya, Anda dapat mendengarkan ceramah dalam bahasa yang Anda inginkan dan kapanpun Anda inginkan.(Gehad, 2012)  Blogging situs seperti Muslim Matters.org dan SuhaibWebb.com telah menjadi sangat populer dengan baik Muslim dan non-Muslim sebagai cara untuk memperoleh informasi dan belajar tentang Islam (Salman, nd). Twitter dan Facebook, meskipun, tidak diragukan lagi menjadi dua situs jejaring dengan pengguna Muslim paling aktif. Situs ini telah memungkinkan kita untuk terhubung dengan Imam dan sheik, pemimpin politik, akademisi, dan wartawan. Selain itu, mereka telah memungkinkan kita, pada saat itu juga, untuk berbagi berita dan informasi yang penting bagi kami. (AbuBakar, 2011)

Dari berbagai sumber menunjukkan bahwa menciptakan kelompok Dakwah adalah salah satu cara untuk menggunakan media sosial untuk menyebarkan Islam. (Busha,1978) Posting dan berbagi pesan Islam adalah cara lain, mengindikasikan membahas isu-isu yang berkaitan dengan Islam selama mengobrol, cara untuk menyebarkan Islam adalah dengan berbagi pengetahuan Islam pada platform media sosial, posting karakter dan perilaku Nabi Muhammad (SAW), memanggil orang ke ajaran Islam yang benar, posting yang dan berbagi isi Al-Qur'an dan Hadits adalah cara lain untuk menyebarkan Islam melalui media sosial, menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menggunakan media sosial untuk menyebarkan Islam adalah dengan melindungi citra Islam dan Muslim di media sosial. Yang paling popular adalah posting dan berbagi pesan Islam adalah salah satu cara untuk menyebarkan Islam dengan mahasiswa Muslim dan yang paling rendah postingan adalah posting karakter dan perilaku para Nabi Muhammad (SAW) adalah salah satu cara untuk menyebarkan Islam dengan mahasiswa Muslim. (MuhammadZaki, 2013)

 


Simpulan

Konsep media sosial adalah bagian dari tren yang berkembang dari teknologi modern di dunia saat ini dimana penelitian ini telah memeriksa tujuan dan penggunaan media sosial oleh mahasiswa Muslim. platform terbuka yang disediakan oleh media sosial, diskusi terbuka yang dapat terjadi dan kemampuan untuk konten yang akan dibuat oleh orang-orang tampak seperti faktor yang dapat menguntungkan tujuan dari dakwah Islam. Sejauh ini, pekerjaan penelitian ini telah menyoroti efek dari media sosial di kalangan siswa Muslim. Hal ini juga membahas manfaat yang menawarkan situs media sosial tersebut, yang meliputi peningkatan efisiensi kerja, penyebaran ajaran Islam yang sebenarnya, pemeliharaan ikatan sosial, sumber informasi dan sebagainya. Namun, perhatian yang lebih besar diberikan kepada implikasi moral dari penyalahgunaan situs-situs media sosial.

Temuan juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dipengaruhi untuk sebagian besar oleh media sosial negatif karena perhatian mereka terbawa oleh mengobrol, musik, hubungan seksual, kejahatan internet, ganti tidak senonoh, pornografi gambar / video dan pelecehan seksual, kehilangan akal dari kesucian hidup manusia dan bertetangga dan ketidaksabaran dan sindrom cepat membuat uang sambil melupakan Ibadat mereka (menyembah Allah) dan kegiatan akademik mereka diabaikan

 


Daftar Pustaka

Abubakar, Abdulmutallib Ado. (2011). “Partisipasi Politik di Social Media selama Kampanye dalam 2011 Presiden” di Oladokun Omojola et al (eds.) Media, Terorisme dan Komunikasi Politik di Lingkungan Multi-Cultural: ACCE Konferensi Prosiding. Ota (Nigeria): ACCE Loc. Pp. 445-453.

Ahmad, S. (2011). penggunaan YouTube dan perubahan perilaku di kalangan mahasiswa Nigeria. Jurnal pendidikan dan sosiologi, Vol.4 (2), hlm. 32-42

Busha H. Charles. (1978). Metode Ilmu Sosial Penelitian, Macmillan, New York.

Gehad Mohammed Sharaf, Mahdi Alhaji Musa, Azizah Abdul Rahman. (2012). Sebuah Pemeriksaan Situs Jaringan Sosial Penggunaan kalangan Mahasiswa Muslim di Perspektif Islam. International Journal of Engineering dan Muka Teknologi (IJEAT), Vol. -1 Isu-4. Pp. 273-278.

Muhamad Zaki Mustafa, Zulkiple Abd. Ghani, Abdul Rahim Zumrah, Roslizawati Mohd Ramly, Wan Mohd Fazrul Azdi dan Zainol Abidin Ahmad. (2013). “Facebook sebagai Alat Sosial Media di antara Pemuda Muslim di Malaysia.” American International Journal of Social Science, Vol. 2 No. 8. Pp. 173-177.

Paul A. Kirschner dan Aryn Karpinski C.. (2010). Facebook dan Kinerja Akademik. Komputer di Human Behavior, 26. Pp.1237-1245.

Robert Gill. (2013). Penggunaan Social Media untuk Diskusi Konstruktif dalam Acara Akademik Unit Manajemen: Sebuah Praktek Berbasis Studi Kasus Australia. European Journal of Research Akademik, Vol. 1, Edisi 1.www.journalsgate.com. Diakses pada 20/03/2016.

Salman Javeria. (Nd.). Dampak Media dan Media Sosial tentang Islam dan Muslim. Diperoleh dari islamicstudies.islammessage.com/ResearchPapers.aspx. Diakses pada 14/02/2016.

Post a Comment

أحدث أقدم