TANAMAN UPACARA BALI
Disusun oleh :
1. Nur Faizah 2. Akhdan Najla Malik A. 3. Umi Sa’adah 4. Denik Hermalasari 5. Mirtha Sari
A. LATAR BELAKANG
Kebudayaan masyarakat Hindu Bali memiliki berbagai macam kearifan lokal dengan berbagai kontribusi dan potensinya yang perlu tetap dipertahankan dan dilestariakn. Kemajuan sains dan teknologi memberikan perubahan yang luar biasa dalam bidang kesehatan, pangan dan lingkungan. Kemajuan IPTEK sebagai hasil kajian ilmiah tentang fenomena alam tidak terlepas dari adanya kontribusi besar kearifan lokal, berupa pengetahuan informal masyarakat tradisional berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu usaha nyata dalam melestarikan kearifan lokal budaya kita yang sangat luar biasa.
Salah satu contoh kearifan lokal yang perlu dilestarikan adalah penetahuan tradisional masyarakat Bali yang berkaitan dengan tumbuhan upacara yang mereka gunakan hampir pada seluruh ritual keagamaan Hindu. Namun masih banyak generasi muda yang mengetahui jenis tanaman upacara, padahal masyarakat Hindu Bali tidak bisa lepas dari yang namanya tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji),karena dibutuhkan dalam kehidupan mereka. Berbagai upacara yang tergolong dalam Panca Yadnya selalu memerlukan bagian-bagian dari tanaman sehingga tanamannya disebut tanaman upacara.
Taman Panca Yadnya merupakan tempat koleksi tanaman yang digunakan untuk upacara adat hindu di Bali. Yadnya yang melibatkan tiga unsur yaitu bunga, api dan air. Yadnya berasal dari kata “Yad” yang artinya menuju keselamatan. Bunga melambangkan Siwa sebagai pelebur.
Api simbol Brahma sebagai pencipta, dan air sebagai simbol Wisnu yaitu sebagai pemelihara. Selain bunga, bagian-bagian lain dari tanaman seperti batang, daun,buah, umbi juga biasa digunakan untuk upacara yang tertuju pada lima kelompok Yadnya.
Kebun raya Bali mengoleksi tanaman upacara adat hindu Bali mulai dari tahun 1991 dan terletak di dekat Pura Batumeringgit. Koleksi tanaman upacara adat bali terdiri dari 580 tanaman yang berasal dari 42 suku, 81 marga dan 130 jenis.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana kearifan lokal yang dijaga mengenai tanaman dalam upacara adat di bali?
2. Apa saja tanaman upacara yang dikoleksi dikebun raya bali beserta fungsinya?
B. TUJUAN
1. Untuk mengetahui sejarah penggunaan tanaman dalam upacara adat di bali.
2. Untuk mengetahui tanaman yang digunakan dalam upacara adat bali beserta fungsinya.
D. PEMBAHASAN
1. Kearifan lokal yang dijaga mengenai tanaman upacara adat di bali
Kebudayaan masyarakat Hindu Bali memiliki berbagai macam kearifan lokal dengan berbagai kontribusi dan potensinya yang perlu tetap dipertahankan dan dilestariakan.Salah satu contoh kearifan lokal yang perlu dilestarikan adalah pengetahuan tradisional masyarakat Bali yang berkaitan dengan tumbuhan upacara yang mereka gunakan hampir pada seluruh ritual keagamaan Hindu. Namun masih banyak generasi muda yang mengetahui jenis tanaman upacara, padahal masyarakat Hindu Bali tidak bisa lepas dari yang namanya tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji),karena dibutuhkan dalam kehidupan mereka. Berbagai upacara yang tergolong dalam Panca Yadnya selalu memerlukan bagian-bagian dari tanaman sehingga tanamannya disebut tanaman upacara(Arinasa, I B.dkk.1999).
Taman panca yadnya merupakan tempat koleksi tanaman yang digunakan untuk upacara adat hindu bali “yadnya” yang melibatkan tiga unsure yaitu bunga, api, dan air.yadnya berasal dari “yad” artinya menuju keselamatan.bunga melambnagkan siwa sebagai pelebur.api melambangkan symbol brahma sebagai pencipta.air melambangkan symbol wisnu sebagai pemelihara.selain bunga, bagian-bagian lain dari tanaman seperti akar, batang, daun, buah, umbi juga biasa digunakan untuk upacara tertuju kepada lima kelompok yadnya seperti:
1. Dewa yadnya yaitu persembahan kepada ida sanghyang widi wasa/tuhan yang maha esa.
2. Rsi yadnya yaitu korban suci untuk memuliakan para rsi, pendeta, rohaniawan sebagai pembimbing umat.
3. Pitra yadnya yaitu korban suci/orang meninggal kepada leluhur.
4. Manusa yadnya yaitu korban suci untuk keselamatan umat manusia dari sejak bayi dalam kandungan sampai menikah.
5. Bhuta yadnya yaitu korban suci kepada butha kala atau makhluk yang lebih rendah tingkatnya (makhluk halus) dari manusia.
Mayoritas penduduk bali beragama hindu dan hanya sebagian kecil saja yang menganut agama islam, Kristen, dan budha.dalam bali tumbuhan itu mempunyai arti penting, karena banyak jenis-jenis tanaman yang dipergunakan dalam berbagai kegiatan upacara keagamaan.tanaman tersebut salah satu perlengkapan bahan upacara yang disebut sebagai upakara atau banten yang berupa daun, buah dan bunga (Wiana, I K.2002).
2. Tanaman upacara yang dikoleksi dikebun raya bali
Kebun raya bali mengoleksi tanaman upacara adat hindu bali mulai dari tahun 1991.seperti:
1. Pohon dadap
(Sumber : Biodiversitywarriors.org)
Gambar 1.1 Pohon Dadap (E. Variegata)
Pohon dadap (Erythrina sumbumbrans) atau kayu sakti, memanfaatkan daunnya yang ditumbuk bersama beras dan kunyit sebagai bahan tepung tawar yang melambangkan saran pembersihan kotoran pada sesaji dan manusia.
2. Sirih
(Sumber : Gudangpustakailmu.me)
Gambar 1.2 Sirih (Piper batle L.)
Sirih digunakan sebagai porosan yaitu campuran antara daun sirih dan pinang sebagai symbol tri sakti.pinang melambangkan dewa brahma, daun sirih melambangkan dewa siwa, dan kapur sirih melambangkan dewa wisnu.upacar ini dipakai sebagai pelengkap dalam menata sesaji.
3. Pisang
(Sumber : Kompasiana.com)
Gambar 1.3 Pisang (Musa sp.)
Pisang dimanfaatkan buahnya satu sisir yang digunakan sebagai bantal pada jenazah yang akan dikubur.
4. Paku sayur
Gambar 1.4 Paku Sayur (D. Esculentum)
Paku sayur yang akarnya biasa digunakan dalam upacara pitra yadnya sebagai lambing rambut orang yang telah meninggal.(www.kebunrayabali.com).
Tabel tanaman-tanaman upacara;
| Nama | Gambar | Kegunaan |
|
|
|
|
|
|
1. | Pohon Dadap | Melambangkan |
| |
| Klasifikasi: | sarana |
| |
| Kingdom: Plantae |
|
| |
|
| pembersihan |
| |
| Divisi: |
|
| |
| Magnoliophyta |
| kotoran pada sesaji |
|
| Kelas: Magnoliopsida |
|
| |
|
| dan manusia. |
| |
| Ordo: Fabales |
|
| |
| Famili: Fabaceae | Gambar 1.1 Pohon Dadap |
|
|
| Genus: Erythrina |
|
|
|
| Spesies: E. variegata |
|
|
|
|
|
|
|
|
Sirih |
| Daun | sirih |
| ||
| Klasifikasi: |
|
| melambangkan |
| |
| Kingdom: Plantae |
| ||||
|
|
|
|
| ||
| Divisi: Tracheophyta |
| Dewa | Siwa, |
| |
| Kelas: Magnoliopsida |
| dipakai | sebagai |
| |
| Ordo: Piperales |
|
|
| ||
|
|
|
|
|
| |
| Famili: Piperaceae |
| pelengkap | dalam |
| |
| Genus: Piper L. |
|
| menata sesaji. |
| |
| Spesies: Piper | betle |
|
| ||
|
|
|
|
| ||
| L. |
|
|
|
|
|
|
|
| Gambar 1.2 Sirih
|
|
|
|
3. | Pisang |
| Sebagai | bantal |
| |
| Klasifikasi: |
|
| pada jenazah yang |
| |
| Kingdom: Plantae |
|
| |||
|
|
|
|
| ||
| Divisi: |
|
| akan dikubur. |
| |
| Magnoliophyta |
|
|
|
|
|
| Kelas: Liliopsida |
|
|
|
| |
| Ordo: Zingiberales |
|
|
|
| |
| Famili: Musaceae |
|
|
|
| |
| Genus: Musa |
|
|
|
|
|
| Spesies: Musa sp. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 1.3 Pisang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. | Paku Sayur |
| Sebagai | lambang |
| |
| Klasifikasi: |
|
| rambut orang yang |
| |
| Kingdom: Plantae |
|
| |||
|
|
|
|
| ||
| Divisi: Pteridophyta |
| telah meninggal. |
| ||
| Kelas: Pteridopsida |
|
|
|
| |
| Ordo: Athyriales |
|
|
|
| |
| Famili: Athyriaceae |
|
|
|
| |
| Genus: Diplazium |
|
|
|
| |
| Spesies: | D. |
|
|
|
|
| esculentum |
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 1.4 Paku Sayur |
|
|
|
E. KESIMPULAN
Tumbuhan upacara yang merupakan kearifan local Bali ini merupakan tanaman yang digunakan hampir pada seluruh ritual keagamaan Hindu. Untuk itu, perlu adanya kelestarian dan pertahanan terhadap tanaman-tanaman teresbut. Tanaman upacara dengan kata lain Panca Yadnya merupakan tempat koleksi tanaman yang digunakan untuk upacara adat hindu di Bali. Yadnya yang melibatkan tiga unsur yaitu bunga, api dan air. melambnagkan siwa sebagai pelebur.api melambangkan symbol brahma sebagai pencipta.air melambangkan symbol wisnu sebagai pemelihara.
F. DAFTAR PUSTAKA
www.kebunrayabali.com Diakses pada 14 juli 2019
Arinasa, I B.dkk.1999.Six Guided Walks in Bali Botanic Garden. Tabanan: Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI.
Mas Putra, L.G.A.1992.Upacara Yadnya.Denpasar.
Pendit,S.1992.Cendikiawan Hindu Bicara, dalam; I. B. K.Arinasa I.G.Tirta, I, W.Sutama, I.N.Santa,2001:Laporan Penelitian dan Pelestarian Plasma Nutfah Tanaman Upacara Adat Bali di Kabupaten Bangil, Kebun Raya Eka Karya Bali.Tabanan.
Wiana, I K.2002.Makna Upacara Yajna dalam Agama Hindu.Cetakan Pertama.Surabaya: Paramita.
Surata, I Ketut, dkk.2015.Studi Etnobotanik TanamanUpacara Hindu Bali Sebagai Upaya Pelestarian Keafifan Lokal.Bali:Jurnal Kajian Bali.Vol 05.No 02.Hal265-269.
LAMPIRAN
Tabel Data Hasil Wawancara dan Observasi Tanaman
Upacara Ritual Keagamaan Hindu Bali
Posting Komentar